logo

By adminanisa

1 Juni 2015

KADIN BUKAN INSTANSI PENERBIT SKA

Kepada seluruh Pelaku Usaha,

Sehubungan dengan banyaknya penerbitan Certificate of Origin (COO)/Surat Keterangan Asal (SKA) oleh KADIN yang menyebabkan banyaknya permintaan verifikasi atas keabsahan COO/SKA terbitan KADIN dari Customs negara tujuan ekspor, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut untuk menjadi perhatian bersama:

  1. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 58 Tahun 1971 tentang Penetapan yang Berwenang Mengeluarkan Surat Keterangan Asal bahwa Menteri Perdagangan atau pejabat-pejabat yang ditunjuk olehnya sebagai pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan Surat Keterangan Asal atas barang-barang ekspor Indonesia.
  2. Berdasarkan Surat Edaran Bapak Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Nomor 213/DAGLU/SD/5/2012 tanggal 31 Mei 2012 perihal Penegasan Ketentuan Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) untuk Barang Ekspor Indonesia.
  3. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 32/M-DAG/PER/5/2015 tentang Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal yang telah ditetapkan pada tanggal 12 Mei 2015, terlampir 86 IPSKA yang telah ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan yang berhak menerbitkan SKA di Indonesia.
  4. Jika pihak importir meminta Certificate of Origin (COO)/Surat Keterangan Asal (SKA) yang diterbitkan oleh KADIN, pihak eksportir diharapkan dapat memberikan penjelasan kepada pihak importir atas Instansi yang berhak menerbitkan SKA di Indonesia adalah Instansi Penerbit SKA yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan dan tidak termasuk KADIN kemudian melaporkan kepada Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, Kementerian Perdagangan.

 

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

 

Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor

Ditjen Perdagangan Luar Negeri

Kementerian Perdagangan

Stepthen Adams

Head of Innovation

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Benenatis mauris. Vestibulum ante ipsum primis in industry, logistics, finance, business orci ultrices venenatis mauris.

Marketing

92%

Marketing

82%